Contoh Proposal Penelitian dengan Metode Skala Likert

Hai semuanyaaa. Ini postingan pertama aku loh xoxoxo. Sejujurnya aku tidak bisa menulis, karena aku tidak pandai merangkai kata-kata (lol). But aku percaya sih kalau sering latihan pasti bisa (Fighting!). Nah kali ini aku ingin membagikan contoh tugas proposal penelitian yang aku buat pada 25 Agustus 2017. Sebelumnya aku jelaskan dahulu ya arti penelitian, menurut David H. Penny yang dikutip dari Modul Metodologi Penelitian karangan Afferdhy Ariffien, Penelitian adalah pikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta. Penelitian sangat erat hubungannya dengan metode penelitian, dikutip dari Modul Metodologi Penelitian karangan Afferdhy Ariffien, Metode penelitian adalah ilmu yang membahas tentang cara atau metode yang membahas tentang cara atau metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian. Menurut Nan Lin terdapat 4 metode pengumpulan data yaitu metode observasi, metode dokumentasi, metode survei, dan metode eksperimen.


 

Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode survei dengan instrumen kuisioner, berikut contoh penulisan kuisioner.

Lampiran 1 : Kuesioner

KUISIONER PENELITIAN

Responden yang terhormat :

Perkenalkan saya mahasiswi Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Bandung Program Studi Manajemen Logistik yang sedang mengadakan penelitian tentang “Evaluasi Pemilihan Smartphone Android Pada Kalangan Mahasiswa Berdasarkan Metode Skala Likert (Studi Kasus Pada Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Bandung Program Studi Manajemen Logistik)”. Kali ini, saya selaku peneliti meminta kesediaan Saudara/i untuk membantu penelitian ini dengan mengisi kuisioner. Berikut kuisioner yang saya ajukan, mohon kepada Saudara/i untuk memberikan jawaban yang sejujur-jujurnya dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Adapun jawaban yang Saudara/i berikan tidak akan berpengaruh pada diri Saudara/i karena penelitian ini dilakukan semata-mata untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Atas kesediaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Citra Melina

16115102

 

A. DATA RESPONDEN :

Sebelum menjawab pertanyaan dalam kuesioner ini, mohon Saudara mengisi data berikut terlebih dahulu. (Jawaban yang saudara berikan akan diperlakukan secara rahasia).

Lingkari untuk jawaban pilihan saudara.

  1. Jenis Kelamin :

1. Laki-laki               2. Perempuan

2. Berapa usia anda saat ini ?

1. 19 tahun                2. 20 tahun

3. 21 tahun                4. 22 tahun

3. Merek smartphone Android apakah yang sedang anda gunakan ?

1. Samsung                2. Vivo

3. Oppo                       4. Lainnya

4. Berapa lama saudara telah menggunakan smartphone Android saat ini ?

1. 0-1 tahun               2. 1-2 tahun

3. 2-3 tahun               4. diatas 3 tahun

B. PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER

Responden dapat memberikan jawaban dengan memberikan tanda silang (X) pada salah satu pilihan jawaban yang tersedia. Hanya satu jawaban saja yang dimungkinkan untuk setiap pertanyaan. Pada masing-masing pertanyaan terdapat lima alternatif jawaban yang mengacu pada teknik skala Likert, yaitu:

  1. Sangat Setuju (SS) = 5
  2. Setuju (S) = 4
  3. Netral (N) = 3
  4. Tidak Setuju (TS) = 2
  5. Sangat Tidak Setuju (STS) = 1

Data responden dan semua informasi yang diberikan akan dijamin kerahasiaannya,oleh sebab itu dimohon untuk mengisi kuesioner dengan sebenarnya dan seobjektif mungkin.

No. Pertanyaan STS TS N S SS
a.       Desain
1. Smartphone yang memiliki body slim 1 2 3 4 5
2. Menggunakan bahan metal 1 2 3 4 5
b.      Kamera
1. Terdapat fitur group selfie untuk menghasilkan gambar yang baik 1 2 3 4 5
2. Terdapat soft light camera untuk menghasilkan gambar swafoto yang baik di tempat yang minim cahaya 1 2 3 4 5
3. Terdapat fitur face beauty untuk menghasilkan gambar swafoto yang baik 1 2 3 4 5
c.       Networking
1. Memiliki jaringan 4G 1 2 3 4 5
2. Terdapat fitur ultra data saving untuk menghemat kuota 1 2 3 4 5
3. Terdapat teknologi signal max untuk membantu dalam mengoptimalkan penerimaan sinyal 1 2 3 4 5
d.      Promosi
1. Brand ambassador mempengaruhi pemilihan smartphone 1 2 3 4 5
2. Promo atau diskon yang menarik 1 2 3 4 5
3. Iklan yang menarik minat beli 1 2 3 4 5

Kuisioner tersebut dibagikan melalui media online, Google forms, dengan 30 responden mahasiswa prodi Manajemen Logistik di Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia. Berdasarkan hasil kuisioner tersebut akan diolah menggunakan skala likert dan berikut contoh proposal penelitian EVALUASI PEMILIHAN SMARTPHONE ANDROID PADA KALANGAN MAHASISWA BERDASARKAN METODE SKALA LIKERT (STUDI KASUS PADA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN LOGISTIK BANDUNG PROGRAM STUDI MANAJEMEN LOGISTIK).

 


 

PROPOSAL PENELITIAN

EVALUASI PEMILIHAN SMARTPHONE ANDROID PADA KALANGAN MAHASISWA BERDASARKAN METODE SKALA LIKERT

(STUDI KASUS PADA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN LOGISTIK BANDUNG PROGRAM STUDI MANAJEMEN LOGISTIK)

 

Disusun Oleh:

Citra Melina    16115102

 

logo

 

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN LOGISTIK

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN LOGISTIK INDONESIA

BANDUNG

2017

 


 

PROPOSAL PENELITIAN

Evaluasi Pemilihan Smartphone Android Pada Kalangan Mahasiswa Berdasarkan Metode Skala Likert

(Studi Kasus Pada Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Program Studi Manajemen Logistik)

 

A. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini kemajuan teknologi komunikasi semakin pesat dan sangat modern. Tidak dipungkiri lagi smartphone saat ini sudah bukan menjadi barang mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan primer di berbagai kalangan, salah satunya mahasiswa. Mahasiswa membutuhkan smartphone yang dapat menunjang dalam pencarian informasi secara cepat dan mudah. Namun dikarenakan semakin canggihnya spesifikasi yang ditawarkan, tentu tidak mudah dalam memilih smartphone yang sesuai kebutuhan dan kriteria mahasiswa. Dalam proses pengambilan keputusan pemilihan smartphone, konsumen akan dihadapkan pada berbagai alternatif yang dapat dipilih, sehingga untuk suatu permasalahan beberapa pembuat keputusan dapat mengambil keputusan yang berbeda.

Untuk membantu pengambilan keputusan dalam pemilihan smartphone, penulis melakukan penelitian mengenai evaluasi pemilihan smartphone berdasarkan spesifikasi yang sesuai, menggunakan metode kala likert. Metode likert dipilih karena metode ini dapat mengukur persepsi, sikap atau pendapat seseorang atau kelompok mengenai sebuah peristiwa atau fenomena sosial, berdasarkan definisi operasional yang telah ditetapkan oleh peneliti.

B. Pokok Permasalahan

Dalam penelitian ini penulis mencoba merumuskan persoalan dalam bentuk pertanyaan yaitu apa yang menjadi kriteria utama dalam pertimbangan mahasiswa dalam pemilihan merek smartphone ?

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria utama dalam pertimbangan mahasiswa dalam pemilihan merek smartphone.

D. Metodologi Penelitian

Tata Cara Penyelesaian

Langkah yang digunakan dalam penyelesaian masalah adalah sebagai berikut.:

Blog

Gambar 1 Flow Chart Penelitian

            Pembahasan Flow Chart Penelitian

            A. Mulai

            B. Pokok Permasalahan

Pokok permasalahan dilakukan untuk mengetahui situasi dan kondisi yang sebenarnya berdasarkan fakta-fakta maupun teori yang menyangkut dengan permasalahan.

            C. Tujuan Penelitian

Tujuan yang akan dibahas yaitu mengetahui kategori utama pemilihan smartphone Android.

            D. Pengumpulan Data

Data yang diperoleh adalah hasil dari pengumpulan data yang dari kuisioner yang dibagikan secara online.

            E. Pengolahan Data

Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode skala likert.

           F. Analisis

Analisis diambil dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus-rumus dari data tentang.

          G. Kesimpulan

Disini hanya membahas kesimpulan dari hasil analisis dan pengolahan data.

          H. Selesai

E. Teori Pendukung

Smartphone

            Penulis mengutip dari Wikipedia yang menguraikan bahwa smartphone atau ponsel cerdas adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada kesepakatan dalam industri ini mengenai apa yang membuat telepon menjadi “pintar”, dan pengertian dari ponsel cerdas itu pun berubah mengikuti waktu. Menurut David Wood, Wakil Presiden Eksekutif PT Symbian OS, “Ponsel cerdas dapat dibedakan dengan telepon genggam biasa dengan dua cara fundamental, yakni bagaimana mereka dibuat dan apa yang mereka bisa lakukan”. Pengertian lainnya memberikan penekanan perbedaan dari dua faktor ini.

Kebanyakan alat yang dikategorikan sebagai ponsel cerdas menggunakan sistem operasi yang berbeda. Dalam hal fitur, kebanyakan ponsel cerdas mendukung sepenuhnya fasilitas surel dengan fungsi pengatur personal yang lengkap. Fungsi lainnya dapat menyertakan miniatur papan ketik QWERTY, layar sentuh atau D-pad, kamera, pengaturan daftar nama, penghitung kecepatan, navigasi peranti lunak dan keras, kemampuan membaca dokumen bisnis, pemutar musik, penjelajah foto dan melihat klip video, penjelajah internet, atau hanya sekadar akses aman untuk membuka surel perusahaan, seperti yang ditawarkan oleh BlackBerry. Fitur yang paling sering ditemukan dalam ponsel cerdas adalah kemampuannya menyimpan daftar nama sebanyak mungkin, tidak seperti telepon genggam biasa yang mempunyai batasan maksimum penyimpanan daftar nama.

Skala Likert

Menurut artikel “Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya” dari Diedit.com, Skala Likert adalah skala yang digunakan untuk mengukur persepsi, sikap atau pendapat seseorang atau kelompok mengenai sebuah peristiwa atau fenomena sosial, berdasarkan definisi operasional yang telah ditetapkan oleh peneliti. Skala ini merupakan suatu skala psikometrik yang biasa diaplikasikan dalam angket dan paling sering digunakan untuk riset yang berupa survei, termasuk dalam penelitian survei deskriptif.

Penggagas dan pencipta skala likert adalah Rensis Likert asal Amerika Skala itu sendiri salah satu artinya, sekedar memudahkan, adalah ukuran-ukuran berjenjang. Skala penilaian, misalnya, merupakan skala untuk menilai sesuatu yang pilihannya berjenjang, misalnya 1, 2, 3, 4, 5.  Skala Likert juga merupakan alat untuk mengukur (mengumpulkan data dengan cara “mengukur-menimbang”) yang “itemnya” (butir-butir pertanyaannya) berisikan (memuat) pilihan yang berjenjang.

Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Dengan Skala Likert, variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pertanyaan atau pernyataan. Jawaban setiap item instrumen yang menggunakan Skala Likert mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif. Serikat yang menerbitkan suatu laporan yang menjelaskan penggunaannya. Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Dengan Skala Likert, variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel.

Microsoft Excel

Penulis mengutip dari Wikipedia yang menguraikan bahwa Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.

F. Pengumpulan Data

Data ini didapatkan pada hari Kamis 24 Agustus 2017 dengan menggunakan tool kuisioner online dengan responden mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), program studi Manajemen Logistik dan berikut hasil kuisioner dan karakteristik responden.

Tabel 1 Hasil Kuisioner

Desain Kamera Networking Promosi
No. S

1

M

2

T

1

T

2

T

3

M

C1

T

C1

T

C2

B

1

P

2

I

3

1 5 5 4 5 5 5 4 4 5 4 4
2 4 4 4 3 5 2 2 2 2 4 4
3 3 3 3 3 3 3 2 3 3 3 3
4 4 5 3 4 5 5 4 4 3 3 3
5 4 3 4 4 5 5 3 3 1 5 5
6 5 3 5 5 5 5 5 5 3 4 3
7 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3
8 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4
9 2 1 1 1 1 1 1 1 2 2 3
10 4 4 2 4 4 2 2 2 2 4 4
11 1 2 2 2 3 1 2 1 2 3 3
12 3 2 2 5 4 4 4 4 5 5 5
13 4 3 2 3 3 3 3 3 5 4 4
14 5 5 5 5 5 5 5 5 3 5 3
15 4 4 5 5 5 2 4 4 5 5 4
16 4 3 5 5 3 4 5 5 3 4 5
17 4 4 4 4 4 5 5 5 4 5 5

Tabel 1 Hasil Kuisioner (lanjutan)

Desain Kamera Networking Promosi
No. S

1

M

1

T

1

T

2

T

3

M

C1

T

C2

T

C3

B

1

P

2

I

3

18 5 5 5 5 5 5 5 2 3 4 3
19 3 2 3 2 3 2 4 2 3 4 4
20 3 2 2 1 4 5 3 3 5 5 4
21 3 5 3 3 2 5 3 3 1 4 3
22 5 4 5 5 1 5 5 5 5 4 3
23 4 4 5 5 3 4 4 4 4 5 3
24 4 2 3 4 3 5 4 4 1 4 3
25 3 3 4 5 3 4 4 4 3 4 4
26 4 3 5 4 3 5 3 4 5 3 4
27 4 3 4 5 3 5 4 4 4 4 4
28 5 2 5 3 1 5 5 4 3 3 3
29 4 4 5 5 5 5 5 5 5 5 5
30 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 5
Total 111 98 108 113 104 115 107 103 98 118 113

 

Tabel 2 Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Jenis Kelamin Frekuensi Presentase
Perempuan 20 66.67%
Laki-laki 10 33.33%
Total 30 100.00%

Tabel 3 Karakteristik Responden Berdasarkan Usia

Usia Frekuensi Presentase
19 tahun 12 40.00%
20 tahun 15 50.00%
21 tahun 2 6.67%
22 tahun 1 3.33%
Total 30 100.00%

Tabel 4 Karakteristik Responden Berdasarkan Merek Smartphone yang Saat Ini Digunakan

Merek Smartphone Frekuensi Presentase
Samsung 9 30.00%
Vivo 2 6.67%
Oppo 6 20.00%
Lainnya 13 43.33%
Total 30 100.00%

Tabel 5 Karakteristik Responden Berdasarkan Jangka Waktu Penggunaan Smartphone

Jangka Wakttu Penggunaan Frekuensi Presentase
0-1 tahun 9 30.00%
1-2 tahun 10 33.33%
2-3 tahun 10 33.33%
Lainnya 1 3.33%
Total 30 100.00%

G. Pengolahan Data

Dari data yang ada pada Tabel 2, Tabel 3, Tabel 4, dan Tabel 5 kita dapat membuat grafik perbandingan jenis kelamin, usia, merek smartphone, dan jangka wakttu penggunaan, agar mudah mengetahuinya. Grafik perbandingan jenis kelamin dapat dilihat pada Gambar 1.

1

Gambar 1 Grafik Perbandingan Jenis Kelamin

Grafik perbandingan usia dapat dilihat pada Gambar 2.

2

Gambar 2 Grafik Perbandingan Usia

Grafik perbandingan merek smartphone dapat dilihat pada Gambar 3.

3

Gambar 3 Grafik Perbandingan Merek Smartphone

Grafik perbandingan jangka waktu penggunaan dapat dilihat pada Gambar 4.

4

Gambar 4 Grafik Perbandingan Jangka Waktu Penggunaan

Berdasarkan data pada Tabel 1 data diolah menggunakan metode skala likert pada tiap pertanyaan. Yang pertama dilakukan adalah mengetahui interval (rentang jarak) dan interpretasi persen agar mengetahui penilaian dengan metode mencari Interval skor persen (I).

Rumus Interval

5

=      20

(Ini adalah intervalnya jarak dari terendah 0% hingga tertinggi 100%)

Berikut kriteria interpretasi skornya berdasarkan interval:

  1. Angka 0% – 19,99% = Sangat Tidak Setuju
  2. Angka 20% – 39,99% = Tidak setuju
  3. Angka 40% – 59,99% = Netral
  4. Angka 60% – 79,99% = Setuju
  5. Angka 80% – 100% = Sangat Setuju

Selanjutnya menghitung rumus indeks % pada tiap pertanyaan, dengan rumus :

6

Ket :    X = skor terendah likert x jumlah responden

= 1 x 30 = 30

Y = skor tertinggi likert x jumlah responden

= 5 x 30 = 150

a. Desain

  1. Smartphone yang memiliki body slim

7

  1. Menggunakan bahan metal

8

b. Kamera

  1. Terdapat fitur group selfie untuk menghasilkan gambar yang baik

9

  1. Terdapat soft light camera untuk menghasilkan gambar swafoto yang baik di tempat yang minim cahaya

10

  1. Terdapat fitur face beauty untuk menghasilkan gambar swafoto yang baik

11

c. Networking

  1. Memiliki jaringan 4G

12

  1. Terdapat fitur ultra data saving untuk menghemat kuota

13

  1. Terdapat teknologi signal max untuk membantu dalam mengoptimalkan penerimaan sinyal

14

d. Promosi

  1. Brand ambassador mempengaruhi pemilihan smartphone

15

  1. Promo atau diskon yang menarik

16

  1. Iklan yang menarik minat beli

17

H. Analisis

Setelah melakukan pengolahan data dengan menggunakan Microsoft Excel 2013 maka penulis dapat hasil analisis berikut. Berdasarkan Gambar 1  diketahui gender responden paling banyak adalah perempuan. Pada Gambar 2  diketahui usia responden paling banyak adalah 20 tahun dan 22 tahun paling sedikit. Pada Gambar 3 diketahui merek smartphone paling banyak adalah lainnya dan Vivo paling sedikit. Pada Gambar 4 diketahui jangka waktu penggunaan paling banyak adalah 1-2 tahun dan 2-3 tahun, dan lainnya paling sedikit. Dapat kita ketahui juga dari hasil perhitungan rumus indeks semua pertanyaan berada pada kategori Setuju.

I. Kesimpulan

Berdasarkan pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kriteria utama yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan smartphone Android adalah promosi, khusunya promo atau diskon.

J. Referensi

  1. 2017. ”Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya”. [Online]. Tersedia:https://www.diedit.com/skala-likert/ yang direkam pada 11 April 2017. [24 Agustus 2017].
  2. Arief Naufan Sapoetra. 2015. “Cara Menghitung Kuesioner Skala Likert”. [Online]. Tersedia: http://naufansapoetra.blogspot.co.id/2015/11/cara-menghitung-kuesioner-skala-likert.html yang direkam pada 11 Maret 2015. [25 Agustus 2017].
  3. MIRZAL “SYEH” TAWI. 2013. “Pengukuran Sikap: Skala Likert”. [Online]. Tersedia: https://syehaceh.wordpress.com/2013/06/01/pengukuran-sikap-skala-likert/ yang direkam pada 1 Juni 2013 [24 Agustus 2017].
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s